SENTUHAN AKHIR ALUMNI “BAITUL ARQOM PURNA STUDI-BAPS” 2016-2017

Semarang| 2 Mei 2017| Salah satu rangkaian sebagai penanda berakhirnya aktifitas akademik mahasiswa pelaksana Baitul Arqam Purna Studi (BAPS). BAPS adalah sebuah perkaderan formal yang wajib diikuti setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan More »

BAITUL ARQAM PURNA STUDI (BAPS) CALON WISUDAWAN/WATI UNIMUS 2017

Baitul Arqam Purna Studi (BAPS). BAPS adalah sebuah perkaderan formal yang wajib diikuti setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan semua jenjang perkuliahan di UNIMUS. BAPS diperuntukkan untuk mereka yang akan diwisuda. BAPS dilaksanakan  More »

 

Vision and Mision (Visi dan Misi)

VISI, MISI DAN TUJUAN LEMBAGA STUDI AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN

VISI
Pusat Pengembangan dan Pembentuk Karakter Islami dan Berkemajuan.

MISI
1. Menyusun dan melaksanakan program keislaman.
2. Menyebarluaskan perkembangan Islam dan Kemuhammadiyahan Kontemporer.
3. Memfasilitasi kemampuan keberagamaan seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Semarang utamanya dalam ibadah mahdah secara benar sesuai hadis Shahihah atau Himpunan Putusan Tarjih.
4. Bersama Wakil Rektor II melakukan monitoring dan evaluasi keberagamaan, dan perilaku Islami Seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Semarang.

5. Mengembangkan kurikulum pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga tercipta mahasiswa yang Islami dan Berkemajuan.
6. Mendorong kemajuan penelitian dan publikasi ilmiah dibidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan guna menopang keunggulan Perguruan Tinggi.
7. Meningkatkan relevansi dan kualitas Al Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai rumpun ilmu, akuntabilitas dan entri point akreditasi Universitas yang berkelanjutan.
8. Menjalin kerjasama dengan prodi-prodi, unit-unit, di lingkungan Universitas.
9. Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan Persyarikatan untuk kemajuan Institusi.
10. Membangun Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah.
11. Menerbitkan hasil penelitian Al Islam dan Kemuhammadiyahan, bidang Islam dan Kesehatan seta Islam Kontemporer.

TUJUAN
1    Menghasilkan kelulusan Unimus kususnya mata kuliah AIK yang memiliki sikap, mental, etika profesi, pengetahuan, ketrampilan keberagamaan, kreatifitas dan kepemimpinan yang unggul baik melalui kegiatan intra maupun ekstra kurikuler
2. Meningkatkan kemampuan pengampu AIK kemampuan dan ketrampilan dalam beragama baik kualitalif dan kwantitatif dalam penelitian, publikasi ilmiah maupun pengayaan budaya bangsa.
3. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah di tingkat nasional maupun regional yang menopang pendidikan AIK bagi kemajuan iptek dan pengayaan budaya  bangsa.
4. Mengembangkan penelitian dan  pengabdian masyarakat sebagai layanan internal maupun eksternal untuk semua fihak yang terkait.
5. Mengembangkan pelatihan dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
6. Menjadikan LSIK Unimus yang mantap dengan mengembangkan system menejemen yang transparan yang efektif dan evisien untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas
7. Menjadikan kinerja tim LSIK Unimus yang relevan dengan dukungan sarana prasarana yang memadai melalui eveluasi yang menyeluruh dan berkelanjutan untuk meningkatkan status aktreditasi prodi-prodi lingkungkungan Unimus.
8. Meningkatkan kerjasama dengan seluruh Lembaga, UPT dan Prodi dilingkungan Unimus.
9. Meningkatkan posisi LSIK ditingkat regional nasional dengan dukungan masyarakat kampus,
10. Meningkatankan kualitas kompetensi para guru AIK dalam profesinya.
11. Meningkatkan lembaga-lembaga Pendidikan Muhammdiyah untuk lebih berdaya saing dengan lembaga pendidikan lainnya.
12. Meningkatkan pemahaman setiap PCM dalam memenej zakat umat Islam I khususnya warga Muhammdiyah ) sekota Semarang
13. Meningkatkan setiap muzaki kaum muslimin Semarang sehingga lebih banyak terkumpul dana untuk kesejahteraan bagi kaum dzuafa’.
14. Meningkatkan pemahaman tentang ilmu hisab bagi dosen AIK sehingga mampu menetapkan hilal dan waktu-waktu shalat fardlu.
15. Memberikan pencerahan kepada umat tentang keberagamaan yang murni dan benar , selamat dari penyakit tahayul, bid’ah, churafat, dan syirik ( TBCS).
16. Mendorong dan menumbuhkan partisipasi civitas  akademika untuk menyumbang artikel dan menyebarluaskan dilingkungan  mereka berdomisili.
17. Untuk ikut melaksanakan pendampingan dalam program pemberdayaan masyrakat pedesaan dalam bidang peningkatan pemahaman aqidah Islam.