Hari Besar Islam

PROPOSAL “RAMADHAN CERIA

MASJID AT-TAQWA MUHAMMADIYAH

JAWA TENGAH & UNIMUS TAHUN  1433 H / 2012 M

A.     Pendahuluan

Marhaban ya Ramadhan,  bulan penuh hikmah, bulan penuh berkah. Bulan Ramadhan 1433 H sebentar lagi akan menghampiri kita semua umat Islam. Banyak fadhilah atau kemuliaan bulan Ramadhan ini. Antara lain, Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan, dan Al-Qur’an adalah way of life (petunjuk kehidupan). Dengan al-Qur’an Allah membimbing dan memberikan petunjuk kepada manusia dalam kedudukannya sebagai khalifah di muka bumi, agar tidak tersesat menempuh jalan kemuliaan. Dan dengan al-Quran pula Allah membersihkan hati manusia dari karat-karat penyakit tauhid.

Selain itu, bulan Ramadhan diyakini umat Islam sebagai bulan berkah. Allah melipatgandakan semua amal kebaikan yang dilakukan seorang mukmin pada bulan Ramadhan, dari mulai puasa di siang hari, tarawih di malam hari, infaq, shadaqah dll, semua dilipatgandakan melebihi amal kebaikan yang dilakukan pada bulan selain Ramadhan. Bahkan melalui hadis Qudsi, Allah berfirman : “Puasalah kalian, karena puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan memberi pahala sendiri.”

Dengan penuh keutamaan yang ada di bulan Ramadhan, maka sudah semestinya Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah menjemput moment tersebut dengan berbagai aktifitas mulia. Sejak berdirinya Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jawa Tengah di Komplek UNIMUS sebagaimana pada tahun yang lalu, maka kegiatan Ramadhan tahun 2012 ini, kepanitiaan terdiri 3 unsur yaitu: UNIMUS, AMH Jawa Tengah dan PCM Tembalang. Sebagai penanggungjawab kegiatan adalah LSIK UNIMUS dan PCM Tembalang. Secara garis besar kegiatan Ramadhan Ceria Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jawa Tengah dan UNIMUS tahun 2012 terdiri dari kegiatan yaitu: Syiar Pra Ramadhan dan kegiatan selama Ramadhan.

B.     Kegiatan Ramadhan tahun 1433 H / 2012 M.

 Syiar Pra Ramadhan 2012 M,

1)   Diawali dengan pawai ta’aruf, drumband TK Aisyiyah, SD Muhammadiyah, IMM.

2)   Bazar.

3)   Pengobatan gratis.

4)   Pengajian Akbar dengan Nara Sumber Ibu Dra. Hj. Dewi Purnamawati, M.Si., (mantan aktivis) Gereja di Solo.

 Kegiatan Ramadhan tahun 1433 H,/2012 M,

1)      Shalat Tarawih.

2)      Tadarus Al Qur’an.

3)   Kajian Islam Sore dengan diteruskan buka puasa bersama sampai pertengahan Ramadhan.

4)   Buka bersama Pegawai UNIMUS diawali dengan kajian Islam.

5)   Peringatan Nuzulul Qur’an.

6)   Shalat Idhul Fitri oleh PCM Tembalang.

7)   Pengumpulan dan Pembagian Zakat oleh PCM Tembalang./

8)   Halal bihalal UNIMUS dengan pembicara direncanakan oleh: dr. H. Affandi Ichsan, Sp A(K).

C.   Nama Kegiatan

Kegiatan ini bernama “RAMADHAN CERIA MASJID AT-TAQWA MUHAMMADIYAH JAWA TENGAH DAN UNIMUS TAHUN 1433 H / 2012 M”

D.   Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Bulan Ramadhan 1433 H dengan Time Schedule terlampir, dan bertempat di UNIMUS Semarang.

E.   Kepanitiaan

Kegiatan “Ramadhan Ceria Masjid At-Taqwa Muhammadiyah Jawa Tengah & UNIMUS” dilaksanakan oleh kepanitiaan sebagai berikut :

Penasehat                          : 1. Drs. H. Musman Thalib, M.Ag.

(Ketua PWM Jawa Tengah)

2. Prof. Dr. H. Djamaluddin Darwis, MA.

(Rektor UNIMUS)

Penanggungjawab             : 1. Ketua LSIK UNIMUS (Drs. HM. Taberi Hasany)

2. Ketua PCM Tembalang (Ir. H. Edy Surjanto)

Kepanitiaan terlampir.

F.    Jadwal Kegiatan

A).  Syiar Pra Ramadhan.

1. Pawai ta’aruf dan Drum Band TK & SD Muhammadiyah (tentatif).

2. Bazar .

3. Pengobatan Massal.

4. Pengajian Akbar oleh Ibu Dra. Hj. Dewi Purnamawati, M.Si. mantan Aktivis Gereja dari Solo tanggal 17 Juli 2012.

B).  Kegiatan Ramadhan.

1. Jamaah Shalat Isya’, Shalat Tarawih & Kultum, awal sampai akhir Ramadhan

2. Kajian Islam Sore Ba’da Asar, dilanjutkan buka puasa bersama sampai tanggal 17 Ramadhan.

3. Shalat Subuh berjamaah di lanjutkan dengan kultum.

4. Tadarus Al Qur’an setelah Shalat Tarawih.

5. Kegiatan Nuzulul Qur’an.

6. Menerima Safari Ramadhan PDM Kota Semarang.

7. Pesantren Kilat TK, SD, Mahasiswa (Rusunawa).

8. Pengumpulan dan pembagian zakat oleh PCM Tembalang.

9. Pengadaan dan Pebagian paket Dhuafa.

10. Ramadhan For Kids.

11. Buka Puasa Bersama, Pegawai UNIMUS diawali kajian Islam Sore.

 G.  Anggaran Kegiatan

Kegiatan ini didanai penuh oleh UNIMUS melalui Anggaran LSIK UNIMUS. dan PCM (terlampir)

H.  Penutup

Demikian proposal singkat ini, disusun guna sebagai acuan dalam kegiatan.

Semarang, 1 Juli 2012

LSIK UNIMUS

Ketua

Drs. H.M. Taberi Hasany

———————————————————————–

Hari Besar Islam:

* Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1433H).

* Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

* Hari Raya Idul Fitri 1430 H.

* Hari Raya Idul Adha 1430 H.

Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai sebuah Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Jawa Tengah disamping mengemban amanah sebagai lembaga pendidikan, juga memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai lembaga dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar. Dalam konteks ini, semua usaha yang harus dilakukan adalah mensinergikan antara gerak dakwah Muhammadiyah dan visi UNIMUS sebagai sebuah lembaga kampus yang bernuansa Islami.

Penyelenggaraan Sholat Idhul Adha 1430 H dan Penyembelihan Hewan Qurban adalah sebagai sebuah langkah kongkret yang dilakukan UNIMUS dalam rangka mensinergikan antara peran lembaga pendidikan dan lembaga dakwah. Diharapkan tercipta suasana kampus yang islami dan bernilai sosial yang kokoh di tengah pergulatan kondisi modern yang kian kompetitif seperti sekarang ini. Dengan demikian UNIMUS diharapkan tidak hanya menjadi sebuah PTM yang kuat secara akademik dan mutu, tetapi kokoh secara dakwah dan sosial masyarakat.

A.     Waktu, Tempat penyelenggaraan

Kegiatan Penyelenggaraan Sholat Idhul Adha 1430 H dan Penyembelihan  Hewan Qurban akan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 10 Dzulhijjah 1430 H, bertepatan dengan tanggal 27 Nopember 2009 M. Jam: 06.00 WIB. Bertempat di Halaman Rektorat UNIMUS Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang.

B.      Khotib Dan Imam Sholat

Petugas Khotib dan Imam Sholat pada Tahun 1430 H ini adalah : Drs. Rupi’i Amri, M.Ag (Sekretaris Majlis Tabligh dan Dakwah Khusus/MTDK Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah) dan Dosen IAIN Walisongo Semarang.

* Hari Raya Idul Adha 1431 H.

Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai sebuah Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Jawa Tengah disamping mengemban amanah sebagai lembaga pendidikan, juga memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai lembaga dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar. Dalam konteks ini, semua usaha yang harus dilakukan adalah mensinergikan antara gerak dakwah Muhammadiyah dan visi UNIMUS sebagai sebuah lembaga kampus yang bernuansa Islami.

Penyelenggaraan Sholat Idhul Adha 1431 H dan Penyembelihan Hewan Qurban adalah sebagai sebuah langkah kongkret yang dilakukan UNIMUS dalam rangka mensinergikan antara peran lembaga pendidikan dan lembaga dakwah. Diharapkan tercipta suasana kampus yang islami dan bernilai sosial yang kokoh di tengah pergulatan kondisi modern yang kian kompetitif seperti sekarang ini. Dengan demikian UNIMUS diharapkan tidak hanya menjadi sebuah PTM yang kuat secara akademik dan mutu, tetapi kokoh secara dakwah dan sosial masyarakat.

A.     Waktu, Tempat penyelenggaraan

Kegiatan Penyelenggaraan Sholat Idhul Adha 1431 H dan Penyembelihan  Hewan Qurban akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 10 Dzulhijjah 1431 H, bertepatan dengan tanggal  16 Nopember 2010 M. Jam: 06.00 WIB. Bertempat di Halaman Rektorat UNIMUS Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang.

B.      Khotib Dan Imam Sholat

Petugas Khotib dan Imam Sholat pada Tahun 1431 H ini adalah : Drs. M. Danusiri, M.Ag (Staff Dosen LSIK UNIMUS) dan Dosen UNIMUS & IAIN Walisongo Semarang.

 

 

* Tahun Baru Hijriah 1434 H.

Comments are closed.