SENTUHAN AKHIR ALUMNI “BAITUL ARQOM PURNA STUDI-BAPS” 2016-2017

Semarang| 2 Mei 2017| Salah satu rangkaian sebagai penanda berakhirnya aktifitas akademik mahasiswa pelaksana Baitul Arqam Purna Studi (BAPS). BAPS adalah sebuah perkaderan formal yang wajib diikuti setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan semua jenjang perkuliahan di UNIMUS. BAPS diperuntukkan untuk mereka yang akan diwisuda.

BAPS dilaksanakan  sebagai sebuah upaya mempersiapkan generasi pemimpin masa depan yang memiliki integritas yang Islami, kuat dan tangguh dalam mengadapi berbagai situasi dan ujian.  Ijtihad ini semakin penting dengan melihat realitas kebangsaan yang mulai luntur integritas moral maupun sosialnya, sehingga perilaku sosial menyimpang sudah semakin menjamur bak cendawan di musim hujan. Kasus korupsi, manipulasi dan lain sebagainya adalah bukti konkrit bahwa kita harus melakukan ijtihad peradaban yang mempersiapkan mahasiswa yang tidak saja memiliki integritas akademik yang profesional dan juga integritas moral dan sosial yang tangguh. Dua hal ini menjadi kata kunci untuk dapat memperbaiki peradaban bangsa menuju tatanan masyarakat utama Baldatun Tayyibatun wa Rabun Ghafur.

Kegiatan BAPS Pra Wisuda/pelepasan adalah salah kegiatan penghujung program yang merupakan pembekalan terakhir bagi mahasiswa sebelum mereka benar-benar dilepas secara resmi dan kemudian mereka meneruskan aktifitas kerja di dunia nyata setelah menempuh perkuliahan di unimus. Kebutuhan akan penanaman akidah, akhlak dan nilai etos/jihad adalah sebuah keniscayaan ketika mereka akan berada di dunia kerja yang sangat heterogen. Disinilah pentingnya pelaksanaan BAPS ini dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.