Sholat Idhul Adha 1435 H dan Penyembelihan Hewan Qurban

Sholat Idhul Adha 1435 H dan Penyembelihan  Hewan Qurban

Alhamdulillah, berkat  ijin dan ridla Allah SWT. Semata. kegiatan Penyelenggaraan Sholat Idul Adha 1435 H dan Penyembelihan  Hewan Qurban telah dilaksanakan pada jam: 06.15 pagi  hari, Sabtu Legi tanggal 10 Dzulhijjah 1435 H, bertepatan dengan tanggal 4 Oktober 2014 Masehi. Bertempat di Halaman Rektorat UNIMUS Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang. Bertindak sebagai Imam dan Khotib pada pagi hari adalah Bapak Drs. H. Hamzah Rifki  terlaksana dengan baik, lancar, padat jama’ah serta penuh khusyu’, Pada kesempatan ini khotib mengajak seluruh jama’ah bahwa dengan penyembelihan binatang ternak untuk qurban kita jadikan simbol untuk bersihkan hati dan aliran darah kita dari nafsu-nafsu kebinatangan, nafsu bahimiyah yang akan menjadikan kita sangat jauh tersesat dan tergelincir dari martabat kemanusiaan kita yang telah Allah muliakan dengan ungkapkan:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آَدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا  [الإسراء/70]

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan”.

اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

Ibadah qurban merupakan ibadah yang disyariatkan berdasarkan dalil Al-Qur’an dan hadits Nabi; yang jelas bahwa ibadah qurban itu diperintahkan oleh Allah SWT. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya Kami (Allah) telah memberikan engkau (Muhammad) ni’mat yang banyak, maka shalatlah kamu karena Tuhanmu dan sembelihlah (kurbanmu)”(Q.S.Al-Kautsar:1-2)  menurut pendapat Imam As-Syafi’i, Malik dan Ahmad bahwa hukum qurban adalah Sunnah Muakkadah. Pendapat mereka didasarkan pada dalil hadits Nabi. Hikmah berqurban antara lain:

1. Sebagai ungkapan syukur kepada Allah yang telah memberikan ni’mat yang banyak kepada kita,

2. Menghidup suburkan Sunnah Nabi Ibrahim as.,

3. Bagi orang yang beriman kepada Allah, dapat mengambil pelajaran dari keluarga Nabi Ibrahim as, yaitu:

a. Kesabaran Nabi Ibrahim dan putranya Ismail as ketika keduanya menjalankan perintah Allah.,

b. Mengutamakan ketaatan kepada Allah dan mencitaiNya dari mencintai dirinya dan anaknya.,

4. Sebagai realisasi ketaqwaan seorang kepada Allah.

 Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah memiliki peran penting dan tanggungjawab yang besar terhadap fungsi terciptanya lingkungan kampus yang islami lembaga pendidikan Muhammadiyah tersebut. Kegagalan terhadap fungsi di atas, akan berpengaruh terhadap peran dan fungsi dakwah Persyarikatan Muhammadiyah dalam kancah keumatan dan kebangsaan.

Tahun ini UNIMUS bekerjasama dengan PCM TEMBALANG menyembelih 5 ekor sapi dan 10 ekor kambing, yang berasal dari karyawan UNIMUS sendiri, IMM UNIMUS dan juga dari masyarakat sekitar Jl. Majapahit-Tembalang dan sumbangan dari Instansi Lembaga Keuangan Perwakilan LAZNAS BSM PT. Bank Syariah Mandiri KCP Semarang Timur. Daging qurban sebanyak 1370 bungkus insya Allah ditasyarufkan/dibagikan kepada warga yang berada di sekitar lingkungan PCM Tembalang dan Rektorat kampus UNIMUS yaitu di area Kedung Mundu, Wonodri, Tandang, Palebon, Pedurungan, Meteseh, Bulusan, Sendangmulyo, Sinarwaluyo, Sendangguwo, Watukebo, Jangli, Sambiroto, Amposari, Mranggen, Bangetayu, Krapyak, Sampangan, Mangunharjo, Karanggawang Barat, Wanamukti, Pucang Gading, Telogosari serta saudara-saudara kita yang membutuhkan. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah Sholat Ied pada pukul 08.30 WIB. Penyembelihan diawali secara simbolis oleh Bapak Kepala LSIK UNIMUS Rohmat Suprapto, S.Ag., M.Si dan Rektor UNIMUS Prof. Dr. H. Djamaluddin Darwis, MA dengan menyembelih hewan qurban pertama serta rangkaian acara peliputan oleh PERS. Secara singkat ketika ditemui beliau juga mengucapkan Selamat Hari Idul Adha 1435 H. Semoga hikmah dan berkah-Nya dapat kita tiru dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Amien.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Comments are closed.