BERJALAN KAKI KE MASJID

BERJALAN KAKI KE MASJID

A. Berjalan Menuju Masjid

Rasulullah saw. bersabda,

“Berikan kabar gembira kepada orang yang berjalan ke masjid ditengah kegelapan malam, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Dawud).

“Orang yang paling besar pahalanya dalam shalat adalah yang paling jauh jarak ke masjid, kemudian yang lebih jauh lagi.” (HR. Muslim).

 “Akan aku tunjukkan bahwa hal yang dapat menghapus kesalahan dan diangkatnya derajat oleh Allah ialah memperbanyak langkah ke masjid.” (HR. Muslim).

“Orang yang bersuci di rumahnya kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajibah pada Allah, maka kedua langkahnya itu pertama menghapus kesalahan dan kedua mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim).

Allah swt. akan menghapus kesalahan dan mengangkat derajat orang yang berjalan ke masjid serta akan memberikan pahala yang besar dan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat atas karunia dan kemurahan-Nya. Allah juga memberikan manfaat yang sangat besar terhadap badan. Karena itu, pembahasan anggota tubuh dalam wudhu juga menjadi pembahasan anggota tubuh dalam shalat dan ibadah-ibadah lainnya.

B. Manfaat Berjalan Kaki ke Masjid

Berjalan kaki itu sendiri merupakan salah satu Olah Raga. para dokter umumnya menyarankan kepada para pasiennya–khususnya pasien lanjut usia serta pasien yang mengidap penyakit jantung–untuk berjalan kaki pada jarak tertentu. Berjalan kaki merupakan olah raga ringan bagi setiap orang. Manfaatnya tidak terbatas karena saat berjalan seluruh badan ikut bergerak dan bekerja.

Diantara manfaat berjalan kaki yaitu meningkatkan kekuatan tubuh, memperkuat otot, menambah elastisitas persendian, memperlancar peredaran darah, memperlebar pembuluh darah dan nadi serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Disamping itu, berjalan mampu memperbaiki aktivitas jantung dan seluruh organ tubuh serta meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat. Begitu pula berjalan mampu membakar lemak, menghilangkan kejang-kejang dan pegal, serta membebaskan tubuh yang  kendur.

Berjalan juga mampu menambah kekuatan otot selain juga mampu menyimpan zat-zat yang dibutuhkan ibarat bahan bakar. Oleh sebab itu, bertambah pula kekuatan tubuh untuk melakukan aktivitas dan peredaran darah menjadi lebih teratur. Dengan demikian, kadar darah yang sampai di pembuluh  organ tubuh menjadi lebih banyak. Hal ini akan menghindari kondisi kelelahan pada tubuh dan kekurangan darah pada organ tubuh.

Tubuh selalu memanfaatkan makanan yang dimakan. Adapun manfaat langsung dari berjalan kaki adalah memperlambat proses penuaan pada seseorang yang rutin melakukannya dan juga mampu menjadikan orang tersebut lebih awet muda.

C. Berjalan Kaki ke Masjid Merupakan Pengobatan Medis

Berjalan kaki ke Masjid secara rutin merupakan obat untuk berbagai macam penyakit, antara lain:

1. Penyakit Jantung

2. Obesitas (Kegemukan)

3. Asma

4. Stres

5. Borok

6. Bingung dalam Masalah Sehari-hari

7. Vitalitas dalam Bekerja

Sumber:

* Adnan Tharsyah, Keajaiban Shalat Bagi Kesehatan, hlm 62

* Muhammad Ali al-Bari, Puasa dan Kelebihan Berat Badan, hlm 48

* Koran asy-Syarq al-Ausath, edisi 3232, 12 Safat 1408 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published.